Kewirausahaan = Pengharapan + Perjalanan

“Kewirausahaan itu adalah sebuah perjalanan dan pengharapan”.

Semua dimulai dengan kondisi atau keadaan yang mendorong seseorang untuk mempunyai pengharapan. Saat dorongan pengharapan itu sudah menjadi sebuah aksi nyata barulah proses kewirausahaan itu dimulai.

Jadi kalau mau jadi seorang wirausaha yang sukses, mulailah dengan belajar untuk lebih peka dengan lingkungan. Ini bukan perkara mudah, kita harus terlatih, salah satunya belajar dari seorang anak kecil. Coba perhatikan anak umur 3 – 6 tahun… pasti banyak pertanyaan yang terlontar dari mereka bukan ? seperti… siapa penyanyi pertama di dunia ? menapa Nabi tidak ada yang wanita? mengapa banyak orang tidur dipinggir jalan dan tidak punya rumah ? mengapa orang itu marah ? mengapa dunia berputar? mengapa mengapa dan mengapa…

Pada saat anda kecil, anda pasti ingin tau segalanya, bahasa anak sekarang “kepo” banget lah. Seorang anak tidak merasa menjadi orang bodoh karena tidak tau dan dari rasa keingin tahuan itu, seorang anak pasti tidak akan pernah berhenti sampai menemukan jawabannya. Rasa ingin tahu ini juga yang akan membuat seorang entreprenuer lebih peka terhadap lingkungan, merasakan ada permasalahan dan mencari solusinya.

Jadi mulai sekarang latihlah diri kalian untuk mulai sering bertanya “WHY…” tentang apapun.

Dengan banyak pertanyaan dikepala anda, pasti banyak juga permasalahan yang bisa diidentifikasi … coba saja lihat pertanyaan pertanyaan yang saya tulis diparagraf sebelumnya? .. beberapa merupakan masalah bukan ? dari sudut pandang seorang entrepreneur masalah itu merupakan peluang. Dari sebuah masalah, kita bisa cari solusinya dan akhirnya solusi itulah yang akan menjadi bibit sebuah bisnis.

Ya… Masalah, Peluang, Solusi dan akhirnya solusi itu menjadi bisnis yang kita akan jalankan.

Setelah bisa melihat peluang terus apa lagi dong ? ya pastinya dijalankan. Sebaik baiknya ide, sebaik baiknya peluang, tidak akan jadi bisnis kalau tidak dijalankan. Seperti yang tadi sempat dibahas, disaat sudah mulai ada perjalanan mengejar pengharapan, selamat… anda sudah jadi seorang entrepreneur.

Jadi, jaga terus “api” pengharapan itu. Jadikan motivasi untuk terus berjalan. jika lelah, beristirahat sejenak.

JANGAN BERHENTI…

Lanjutkan perjalanan sampai sudah mulai merasakan pengharapan itu menjadi kenyataan.

Maju terus entreprenuer muda Indonesia.

Salam #KewirausahaanUntukSemua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: